Visitor

Kamis, 14 Maret 2024

Menelusuri P5 Kelas 11 SMAN 1 Lumajang: Perjalanan membangun jiwa dan raga

LJJS Portal, - di kurikulum merdeka ini sudah tak asing lagi kita mendengar kata P5 atau sering kita sebut dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. P5 sendiri adalah bagian penting dari kurikulum merdeka, dan P5 ini merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk mewujudkan nilai Pancasila dalam sistem pendidikan untuk anak-anak muda generasi penerus bangsa.

Kelas 11 SMAN 1 Lumajang turut melaksanakan P5 ini, yang mana angkatan ini merupakan angkatan pertama di SMAN 1 Lumajang yang melaksanakan kurikulum merdeka. Pada P5 kali ini mengangkat tema bangunlah jiwa dan raganya, yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, gotong royong dan kreativitas di setiap siswanya.

kegiatan P5 ini berlangsung selama tujuh hari. Adapun tahapan alur P5 ini yaitu :

·         Hari ke-1 edukasi tentang bangunlah jiwa dan raganya. (28 Februari 2024)

Guru sebagai fasilitator memberikan pemahaman untuk menanamkan jiwa disiplin dan mengajak siswa untuk melakukan disiplin diri yang dimulai dari diri kita sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan membuat denah upacara per kelas guna meningkatkan kedisiplinan pada saat upacara dilakukan dan diakhiri dengan pembuatan yel-yel serta gerakannya guna meningkatkan gotong royong dan rasa solidaritas antar siswa.

·         Hari ke-2 edukasi bersama psikolog. (29 Februari 2024)

Para siswa di dampingi oleh fasilitator menyimak pemaparan dari psikolog, Kemudian hasil pemaparan tersebut di rangkum. Para siswa juga diminta untuk membuat jurnal diri dan berkelompok untuk membuat poster stop bullying di kertas manila.

·         Hari ke-3 membentuk mental dan raga yang kuat. (1 Maret 2024)

Para siswa diberi pembekalan fisik di Batalyon Infanteri 527 selama satu hari. Para siswa mendapat pembekalan tata cara PBB di tempat dan PBB umum. Setelah kegiatan ishoma dilanjutkan dengan penyampaian materi kedisiplinan dan kepemimpinan. kemudian ditutup dengan tes kekompakan kelas melalui lomba PBB dan yel-yel.

·         Hari ke-4 PBB variasi. (4 Maret 2024)

Guru fasilitator dan para siswa merefleksi kegiatan yang telah dilakukan di Batalyon Infanteri 527, kemudian para siswa diminta berproses untuk membuat PBB variasi dengan setiap kelas dibagi menjadi dua kelompok. Yang kemudian PBB variasi tersebut dilombakan antar kelas.

·         Hari ke-5 persiapan projek gelar karya. (5 Maret 2024)

Para siswa menyiapkan untuk melakukan projek gelar karya, mereka ditugaskan untuk membuat pamflet, promptbook dan properti yang akan digunakan saat projek gelar karya.

·         Hari ke-6 pelaksanaan gelar karya film. (6 Maret 2024)

Para siswa kelas A,B dan C membuat pertunjukan bioskop mini yang ditayangkan di aula SMAN 1 Lumajang. Film yang ditayangkan adalah film berbahasa jawa yang telah dibuat oleh para siswa tersebut.

·         Hari ke-7 pelaksanaan gelar karya drama. (7 Maret 2024)

para siswa kelas D,E,F,G,H dan I membuat pertunjukan drama yang ditampilkan di panggung terbuka SMAN 1 Lumajang. Drama yang ditampilkan merupakan drama berbahasa jawa yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Dengan demikian, perjalanan P5 Kelas 11 SMAN 1 Lumajang telah sukses dilakukan, meskipun dengan sedikit evaluasi-evaluasi kecil, namun hal tersebut tidak dapat menutup fakta bahwa tujuan dari pelaksanaan P5 ini tercapai dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan para siswa kelas 11 yang dapat menampilkan projek gelar karya dengan sangat luar biasa, para siswa yang semakin erat rasa solidaritasnya dan memiliki gotong royong yang tinggi.


Penulis : Laili

#ljjs #pemudalumajang #profilepemuda #portalljjs #lumajangkab #journalist #disporalumajang #disporajatim #kadisporalumajang #kabidpemuda #bidangpemuda #16-30tahun #2024 #pemudajurnalis #jurnalismuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meriah! Hari Bhayangkara ke-78 Tahun Ini, Turut Dimeriahkan Oleh PJ Bupati Lumajang

LJJS Portal,  Lumajang - Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, S.H., M.Si. menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang dilaksanaka...