Visitor

Selasa, 05 Maret 2024

KUNJUNGAN DI HARI PERTAMA KULIAH?

LJJS Portal,- Polinema Lumajang adalah Lembaga Perguruan Tinggi Negeri Rintisan yang telah berdiri selama kurang lebih 10 tahun. Awal nama berdiri pada Tahun 2014 dengan sebutan nama AKNL (Akademi Komunitas Negeri Lumajang). Pada Tahun 2021 tanggal 15 Februari 2021 secara resmi berubah dengan nama baru yaitu Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Malang di Kabupaten Lumajang.

Gambar: 1 akun instagram @aknlumajang

Polinema Lumajang saat ini memiliki 4 program studi, antara lain, D3 Akuntansi, D3 Teknologi Sipil, D3 Teknologi Informasi dan D4 Teknologi Rekayasa Otomotif. Model pembelajaran setiap program studi berbeda beda, ada kalanya program studi dilaksanakan full di kampus, atau di bagi menjadi online dan offline. Khususnya pada program studi D3 Teknologi Informasi, dimana tahun ini seperti tahun sebelumnya menggunakan system hybrid. Hampir 60% online dan 40% offline.

Teknologi Informasi sendiri merupakan program studi yang berhubungan dengan pengolahan sebuah data menjadi informasi yang sesuai dalam batas-batas ruang dan waktu. Bermodalkan PC atau Laptop, mahasiswa mampu mengolah data tersebut menjadi suatu informasi melalui sebuah proses. Nah, proses ini yang diajarkan oleh dosen secara bertahap melalui semester 1 hingga semester 6.

Berdasarkan situs Universitas Multimedia Nusantara, kuliah hybrid merupakan sebuah metode perkuliahan yang menggabungkan antara konsep kuliah secara daring atau online dengan pembelajaran tatap muka atau PTM. Saat ini hal ini telah diterapkan oleh program studi Teknologi Informasi, hybrid kuliah online dari Malang dan offline di Lumajang. Oleh karena itu terdapat sebuah persyaratan dimana sebuah kunjungan dosen Malang pada mahasiswa Lumajang harus terjadi minimal 1 kali.

Kunjungan dosen Malang pada mahasiswa Lumajang sering dilakukan pada akhir sesi pembelajaran, atau di minggu-minggu terakhir sebelum UAS dimulai, hal ini menjadi suatu kebiasaan dimana mahasiswa akan melaporkan hasil tugasnya pada pertemuan tersebut, atau dosen bisa memilih sendiri ingin membahas apa saat hari pelaksanan tersebut. Namun, ada yang beda kali ini, Dosen Deddy Kusbianto PA, Ir. M.Mkom dengan mata pelajaran Manajemen Proyek, mengunjungi mahasiswa TI di awal pertemuan.

Gambar: 2 Foto Bersama Bapak Deddy dan Mahasiswa TI

  

Gambar: 3 Foto Bersama Bapak Deddy dan Mahasiswa TI

Kunjungan pada hari pertama kuliah ini merupakan hal yang baru sehingga mahasiswa TI terlihat bersemangat dengan materi yang diberikan. Rasanya seakan benar kita menjadi anak polinema itu sendiri, menyaksikan dosen malang berkunjung merupakan suatu hal yang paling disenangi. Pembelajaran bisa terasa lebih paham dan mengerti. Dosen juga paham wajah asli mahasiswa, yang biasanya sering terlihat di PC yang selalu diadakan untuk zoom di pagi atau siang hari.

Kunjungan biasanya dilaksanakan satu sampai dua hari sesuai target dosen yang diinginkan. Semua acara atau pembelajaran diterima dengan baik, senang bisa menerima banyak ilmu dari kampus biru tercinta. Ada kalanya fase stress kadang datang, namun pihak dosen dan mahasiswa saling support rasanya sudah jarang ditemukan. Harapan yang ingin diberikan semoga mahasiswa TI bisa lebih sering mendapatkan kunjungan dari dosen kampus utama di Malang sehingga pembelajaran bisa lebih sempurna.

Penulis: Aprintand

#ljjs #pemudalumajang #profilepemuda #portalljjs #lumajangkab #journalist #disporalumajang #disporajatim #kadisporalumajang #kabidpemuda #bidangpemuda #16-30tahun #2024 #pemudajurnalis #jurnalismuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meriah! Hari Bhayangkara ke-78 Tahun Ini, Turut Dimeriahkan Oleh PJ Bupati Lumajang

LJJS Portal,  Lumajang - Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, S.H., M.Si. menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang dilaksanaka...