Visitor

Kamis, 07 Desember 2023

Muzakki Afandi Proses Seorang Santri sebagai Pemuda Pelopor Lumajang

Ahmad Muzakki Afandi, atau yang lebih akrab disapa dengan Zakki. Merupakan Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin Lumajang yang berasal dari kelurahan Jogotrunan kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang.

Saat ini, Zakki menjalani proses akademik dalam perkuliahan pada semester 5. Selain berproses di bangku kuliah, Zakki juga merupakan seorang pemuda pelopor Lumajang yang bergerak dalam bidang agama dan sosial budaya.

Visi misinya dalam prosesnya sebagai Pemuda Pelopor Lumajang, ia berharap dapat menjadikan keislaman yang toleran dan moderta dalam kehidupan pemuda bangsa untuk melanjutkan estafet kepeloporan, sebagai langkah Moderat yang berlanjut.

Maka, sejak dinyatakan sebagai seorang pemuda pelopor Lumajang yang bergerak dalam bidang agama dan sosial budaya, Zakki berharap dapat mengadvokasi kepeloporannya dengan cara mengkonsep role model kepeloporan dalam bidang agama dan sosial budaya.

Selain itu juga akan meningkatkan minat literasi, berdiskusi dan aksi yang tentunya nanti akan diaktualisasikan dalam bentuk karya.

Pasalnya, Zakki mulai bergelut sebagai pemuda pelopor Lumajang tepatnya dalam bidang dakwah dan kesehatan sosial yaitu sebagai pengurus pondok yang ia tempati untuk mengemban ilmu, sejak tahun 2018 hingga 2020 lalu.

Kemudian ia lanjutkan sebagai seorang pemuda pelopor yang bergerak dalam bidang Agama dan Sosial Budaya melalui organisasi santri Madin, sejak tahun 2021 hingga saat ini.

Asal menjalani prosesnya sebagai seorang pemuda pelopor, Zakki mengungkapkan bahwa terdapat latar belakang tertentu yang memutuskannya dirinya untuk menggeluti Kepeloporannya dalam bidang Agama dan Sosial Budaya tersebut.

Diantaranya yang menjadi latar belakang Zakki adalah pengalaman dari sebuah hadist yang pernah ia pelajari, tentang kemanfaatan manusia.

Maka, dengan ilmu dan pengetahuan yang telah Zakki peroleh dapat menjadikan kepeloporan dan inisiator penggerak dalam bidang agama dan sosial budaya, utamanya bagi kalangan pemuda dan masyarakat sekitarnya.

Ditulis oleh Izza Afkarina, Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Semester 3 Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang.

#ljjs #pemudalumajang #profilepemuda #portalljjs #lumajangkab #journalist #disporalumajang #disporajatim #kadisporalumajang #kabidpemuda #bidangpemuda #16-30tahun #2023 #pemudajurnalis #jurnalismuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meriah! Hari Bhayangkara ke-78 Tahun Ini, Turut Dimeriahkan Oleh PJ Bupati Lumajang

LJJS Portal,  Lumajang - Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, S.H., M.Si. menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang dilaksanaka...