Visitor

Selasa, 21 November 2023

Forum Anak Lumajang Tampilkan Drama Tematik dalam Memperingati Hari Toilet Sedunia

Pendopo Kabupaten Lumajang menjadi saksi aksi dramatis dalam rangka memperingati Hari Toilet Sedunia, yang ditampilkan oleh Forum Anak Lumajang, sebuah program binaan Dinas Sosial melalui bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), pada hari Selasa, 21 November 2023.

Drama yang dipentaskan mengangkat permasalahan yang sering terjadi di Sekolah. Setting drama ini adalah sebuah Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Lumajang. Kisah dimulai ketika para siswa menemukan toilet sekolah dalam keadaan rusak dan tidak berfungsi. Mereka segera melaporkan masalah ini kepada seorang guru yang kebetulan adalah wakil kepala sekolah di SMP tersebut. Laporan dari para siswa ini kemudian disampaikan kepada kepala sekolah oleh sang Wakasek, dan masalah ini menjadi perhatian serius bagi kepala sekolah.

Kepala sekolah dengan cepat menindaklanjuti pengaduan ini dengan menghubungi Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Air Limbah Domestik (UPT PALD) Kabupaten Lumajang. Setelah melaporkan masalah tersebut kepada UPT PALD, petugas dari unit ini segera mendatangi sekolah untuk melakukan pengecekan terhadap kerusakan di toilet SMP tersebut.

Namun, setelah tim survei melakukan pemeriksaan, ternyata bukan kerusakan pada toilet yang menjadi masalah, melainkan ketidakberfungsian toilet tersebut karena tersumbatnya saluran pembuangan. Petugas dari UPT PALD menyarankan sekolah untuk melakukan penyedotan tinja guna memperbaiki masalah tersebut. Saran ini kemudian direspons dengan persetujuan oleh kepala sekolah.

Drama yang dipentaskan diakhiri dengan ucapan selamat Hari Toilet Sedunia oleh seluruh pemain drama, menggarisbawahi pentingnya peran aktif dalam pemeliharaan fasilitas sanitasi.

Program Forum Anak Lumajang ini sangat bagus dan terus dikembangkan oleh bidang PPPA pada Dinas Sosial Kabupaten Lumajang.

#ljjs #pemudalumajang #profilepemuda #portalljjs #lumajangkab #journalist #disporalumajang #disporajatim #kadisporalumajang #kabidpemuda #bidangpemuda #16-30tahun #2023 #pemudajurnalis #jurnalismuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meriah! Hari Bhayangkara ke-78 Tahun Ini, Turut Dimeriahkan Oleh PJ Bupati Lumajang

LJJS Portal,  Lumajang - Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, S.H., M.Si. menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang dilaksanaka...