Visitor

Jumat, 17 November 2023

Seminar dan Bedah Buku Bersama Duta Baca Indonesia, Gol A Gong


LJJS PORTAL - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  Lumajang sukses gelar acara bedah buku bersama Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, Jumat (17/11/23). 

Setelah dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Paimin, Kegiatan yang bertajuk Seminar membaca itu sehat menulis itu hebat dilanjutkan dengan bedah buku dan dimoderatori oleh staf Dinas Komunikasi dan Informatika, Ajeng Prawestri.

Tidak hanya  bersama Duta Baca Indonesia, Heri Hendrayana Harris atau akrab disapa Gol A Gong, acara ini juga menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agus Salim dan Camat Padang Jamak Nurwanto. 

Agus sempat memberikan paparan tentang literasi. Dia menyampaikan bahwa menulis itu juga harus dipaksa. Kemudian dia bercerita bagaimana dia menulis buku setebal 300 halaman lebih. Dia tidak terlalu memperhatikan perihal kesalahan-kesalahan kosakata, ejaan, dan tata bahasa karena perbaikan akan dilakukan oleh editor.

Sementara itu, Jamak menjadi pembedah buku Legenda 9 Desa Kecamatan Padang.

Menariknya lagi, beberapa penulis dari buku Legenda 9 Desa Kecamatan Padang, Malikha Rusty, Aries Purwantiny, Diana Key, dan Ndak Kaop - Kamus Lumajangan, Ainul Yaqin, juga turut hadir dalam forum tersebut.

Dipaparkan Jamak, diterbitkannya buku Legenda 9 Desa Kecamatan Padang tersebut bermula dari pertanyaan masyarakat Kecamatan Padang mengenai asal usul nama desanya sendiri.

"Berawal dari pertanyaan masyarakat mengenai asal usul Desa di Kecamatan Padang," jelas Camat Padang.

Hingga pada tahun 2022 lalu, Jamak  mendukung dan menggiring penulis untuk dapat menyatukan karyanya mengenai asal usul dan legenda Desa-Desa yang ada di Kecamatan Padang.

Salah satu bentuk antusiasme, Jamak dan penulis buku Legenda 9 Desa Kecamatan Padang, juga meriset sumber dan data asal usul legenda Desa yang ada di Kecamatan Padang kepada tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh dongeng nasional.

"Sumbernya dari para tokoh masyarakat, pak Zubairi, tokoh dongeng nasional," sambungnya.

Menariknya, dalam buku Legenda 9 Desa Kecamatan Padang tersebut juga menceritakan bagaimana perjalanan pasukan Arya Wiraraja, dari arah Desa Tanggung hingga tiba di Desa Kedawung.

Bahkan, setiap persinggahannya pada Desa, juga terdapat problematika tertentu yang kini ditetapkan menjadi nama Desa.

Hal tersebut berbeda dengan buku Ndak Kaop - Kamus Bahasa Lumajangan. Buku itu langsung dibedah oleh Duta Baca Indonesia, Gol A Gong dan didampingi salah satu penulisnya, Ainul Yaqin.

Penulis mengungkapkan, diterbitkannya buku tersebut, salah satunya untuk mengumpulkan sekian kalimat dan kosa kata yang pasalnya merupakan dari Lumajang sendiri.

Bahkan, dalam forum juga sempat tergemparkan, ketika Ainul Yaqin bertanya mengenai makna dari kalimat Ndak Kaop yang merupakan judul bukunya.

"Sebentar, saya ingin bertanya kepada yang ada di sini, Ndak Kaop menurut panjenengan semua artinya apa?" tanya Ainul Yaqin kepada seluruh peserta yang ada pada forum tersebut.

Sontak, jawabannya beraneka ragam, namun ternyata Ndak Kaop yang penulis maksud dalam buku tersebut adalah Seandainya.

#ljjs #pemudalumajang #profilepemuda #portalljjs #lumajangkab #journalist #disporalumajang #disporajatim #kadisporalumajang #kabidpemuda #bidangpemuda #16-30tahun #2023 #pemudajurnalis #jurnalismuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meriah! Hari Bhayangkara ke-78 Tahun Ini, Turut Dimeriahkan Oleh PJ Bupati Lumajang

LJJS Portal,  Lumajang - Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, S.H., M.Si. menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang dilaksanaka...