Visitor

Senin, 09 Oktober 2023

Gadis anak petani karet dari tanah sumatera yang berhasil menjadi ratu internasional

by: Andika

Tentu, saya akan membantu memperbaiki berbagai kesalahan ejaan, tata bahasa, serta diksi dalam teks tersebut:

Andina Julie adalah pemenang Miss Grand Indonesia 2022, sekaligus mewakili Indonesia dalam ajang kecantikan internasional, yaitu Miss Grand International, dan berhasil membawa mahkota untuk Indonesia, sekaligus menjadi 2nd runner-up Miss Grand International. Andina Julie lahir pada 28 Juli 2001 di Desa Suka Menang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Indonesia. Andina merupakan anak dari petani karet di Gelumbang, Desa Suka Menang, Sumatera Selatan, dan memiliki tiga saudara dari orang tua yang berdarah Melayu. Ia memiliki kakak bernama Heru Ekri dan adik bernama Arsya Arzani.

Kehidupan awal Andina Julie sebelum menjadi ratu internasional dimulai ketika ia menjalani kehidupannya di jenjang SMA, yaitu SMA Negeri 1 Gelumbang, di mana ia mengambil jurusan IPS. Andina sering mendapat perlakuan tidak baik dari teman sekolahnya karena tinggi badannya yang tidak sesuai dengan standar perempuan, yaitu 182 cm. Ia pernah merasakan bullying semasa SMA-nya dengan dipanggil "raksasa." Meski begitu, Andina merupakan pelajar yang cerdas dan pintar sekali, terutama dalam mata pelajaran ekonomi. Andina sering merasa kurang percaya diri ketika bersosialisasi dengan teman sekolahnya karena ia sering diejek, entah dipanggil "raksasa" atau anak dari petani karet.

Namun, Andina tidak pernah peduli akan hujatan dan perlakuan tidak baik temannya. Andina percaya bahwa di balik awan yang gelap, ada matahari yang terang, begitu juga dengan kehidupannya. Di balik perjuangan, pasti ada hasil yang gemilang. Andina lulus dari SMA Negeri 1 Gelumbang dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Indo Global Mandiri. Ia mengambil mata kuliah akuntansi karena yakin jurusan ini memiliki banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan di daerahnya, yaitu Sumatera Selatan.

Saat itu, Andina sadar bahwa tinggi badannya yang sangat tinggi bisa dimanfaatkan untuk menjadi model. Ia mengikuti kontes kecantikan yaitu Miss Grand Indonesia yang dimiliki oleh artis ternama, yaitu Ivan Gunawan. Andina datang ke Jakarta dengan penuh semangat, berdandan dengan tidak sempurna seperti lipstik warnanya tidak sesuai dengan makeup dan baju. Ivan Gunawan pun tertawa, kata Ivan, "Lo mau kemana, menor banget?" Namun, di balik kekurangan itu, Andina sangat unggul dalam hal public speaking.

Saat deep interview, hati Ivan Gunawan terpukau dengan kehidupannya. Andina telah menjalani tahap penyeleksian Miss Grand Indonesia yang dilakukan oleh Ivan Gunawan dan tim Yayasan Dunia Mega Bintang. Ivan menilai gadis berusia 20 tahun tersebut memiliki etos kerja yang tinggi, sehingga bisa sejalan dengan Ivan Gunawan. Kata Ivan, "Setelah menemukan beberapa kandidat Miss Grand Indonesia ketika bertemu langsung dengan Andina dan psikologi test bersamanya, akhirnya saya memilih Andina menjadi wakil Indonesia di kancah ajang internasional, yaitu Miss Grand International."

Andina berterimakasih kepada Ivan Gunawan atas kepercayaan yang telah diberikan. Andina pun menangis dengan haru saat ia terpilih menjadi Miss Grand Indonesia. "Kak Ivan Gunawan telah memberikan kepercayaan yang begitu besar kepada saya dengan menjadikan saya sebagai Miss Grand Indonesia. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk menjadi yang terbaik. Saya yakin dengan dukungan penuh masyarakat Indonesia dan Yayasan Dunia Mega Bintang, saya bisa meraih impian lebih tinggi lagi untuk menjadi duta Indonesia dalam ajang kecantikan Miss Grand International." Nama asli Andina Yulianti berganti menjadi Andina Julie karena tuntutan ajang internasional.

Saat malam final Miss Grand International, Andina dipanggil sebagai 2nd runner-up Miss Grand International, setelah pemanggilan 3rd runner-up yaitu Luiseth Materan dari Venezuela. Tangis haru Andina pecah saat ia dipanggil sebagai wakil Indonesia yang berhasil menjadi 2nd runner-up Miss Grand International. Saat selesai perhelatan final Miss Grand International, Andina dipeluk oleh Ivan Gunawan selaku direktur dari Miss Grand Indonesia dan bangga atas pencapaiannya.

Saat pulang ke kampung halaman di Desa Sukamenang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, ibu, ayah, kakak, dan adik Andina langsung memeluk Andina dengan erat, mata mereka berkaca-kaca, dan tak bisa menahan tangis air mata. Keluarga Andina menangis tersedu-sedu dengan penuh bangga, anak seorang petani karet yang berhasil meraih gelar ratu kecantikan Indonesia dan internasional. Dulu, rumah Andina yang sederhana dan bisa dikatakan kurang layak huni, kini menjadi istana berkat perjuangan dan doa seorang anak petani karet, Andina Yulianti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meriah! Hari Bhayangkara ke-78 Tahun Ini, Turut Dimeriahkan Oleh PJ Bupati Lumajang

LJJS Portal,  Lumajang - Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, S.H., M.Si. menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang dilaksanaka...