Visitor

Rabu, 27 September 2023

Lumajang Junior Journalist Squad (LJJS) Terbentuk


Lumajang, 26 September 2023 - Dispora Kabupaten Lumajang mengadakan mengadakan Pelatihan Jurnalistik Pemuda Lumajang 2023. Kegiatan ini diselenggarakan dengan semangat untuk memberdayakan pemuda Lumajang dalam dunia jurnalisme yang berkualitas. Acara ini bertempat di lantai 2 kantor Dispora Lumajang dan dihadiri oleh sejumlah pemuda yang bersemangat untuk berkontribusi dalam penyaluran berita, khususnya dalam konteks kepemudaan.


Kadispora Lumajang, Nurman Riyadi, S.Pi, turut hadir dalam acara pembukaan tersebut dan menyampaikan pentingnya memberi arahan yang benar dalam penggunaan media sosial, mengingat perkembangan pesat dunia sosial media. "Saat ini siapa pun dapat mengunggah informasi dengan mudah, tetapi kita harus pandai dalam memberikan informasi yang benar dan akurat," ujarnya.


Salah satu sorotan utama dari pelatihan ini adalah komitmen untuk mengembangkan keterampilan jurnalistik peserta. Bekti Sawiji, M.Pd, Kabid Kepemudaan yang menjadi narasumber dalam acara tersebut, mengatakan, "Dari hasil pelatihan ini, peserta diharapkan dapat menghasilkan video berita yang berkualitas, terkait dengan berbagai isu kepemudaan. Selain itu, mereka juga akan diajak untuk berkolaborasi dalam membentuk portal berita khusus yang akan menjadi wadah bagi berita-berita terbaru."


Peserta pelatihan terdiri dari pemuda dari berbagai latar belakang, termasuk siswa sekolah tingkat atas, mahasiswa, dan anggota komunitas pemuda seperti Gatra, Komunitas Pemuda Antar Gereja (KPAG), Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN), Pemuda Muhamadiyah, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), serta Kwarcab Pramuka Lumajang. Mereka akan mengikuti serangkaian pelatihan yang mencakup prinsip-prinsip dasar jurnalisme, teknik pengambilan gambar, penyuntingan video, dan etika jurnalistik.


Dalam kesempatan itu dibentuk pula komunitas baru yaitu LJJS. LJJS adalah singkatan dari Lumajang Junior Journalist Squad atau Tim Jurnalis Pemuda Lumajang. LJJS ini merupakah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberdayakan pemuda Lumajang dalam dunia jurnalisme. Tim ini terdiri dari pemuda berbakat dengan minat dalam jurnalisme yang berkomitmen untuk menjadi pembuat berita, bukan hanya konsumen berita.


Pemuda dalam LJJS akan terlibat dalam semua tahapan produksi berita, termasuk pengumpulan informasi, wawancara, pengambilan gambar, penyusunan cerita, pengeditan video, dan publikasi. Inisiatif ini memberikan kesempatan langka bagi pemuda untuk belajar, berpartisipasi, dan memiliki suara dalam isu-isu yang relevan bagi pemuda dan masyarakat Lumajang.


#ljjs #pemudalumajang #profilepemuda #portalljjs #lumajangkab #journalist #disporalumajang #disporajatim #kadisporalumajang #kabidpemuda #bidangpemuda #16-30tahun #2023 #pemudajurnalis #jurnalismuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Meriah! Hari Bhayangkara ke-78 Tahun Ini, Turut Dimeriahkan Oleh PJ Bupati Lumajang

LJJS Portal,  Lumajang - Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni, S.H., M.Si. menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang dilaksanaka...